Penemuan Baru : Nama Muhammad Dalam Torah (Perjanjian Lama) Bahasa Ibrani

Allah Berfirman : "(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung." (Quran, Surat Al-'araf : 157)  

"(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (Quran, Surat Al-maidah : 13)

Kali Ini kita akan coba mengupas hal penting mengenai nama Nabi Besar Muhammad صلى الله عليه و سلم yang diinformasikan dalam Al-quran terdapat dalam Taurat dan Injil (Kitab Yahudi dan Nasrani), Meskipun kedua kitab tersebut telah mengalami perubahan yang sangat besar (hal ini sudah diakui oleh banyak ilmuan kristen sendiri), namun jika kita mau meneliti lebih dalam, maka kita akan menemukan sisa-sisa firman Tuhan disana, diantaranya adalah nama Nabi Muhammad yang sangat jelas tertulis huruf perhurufnya dan juga bunyi yang sama persis didalam Torah yang berbasa Ibrani (Bahasa Asli Torah) walaupun makna nya tidak cocok dengan konteks ayat jika diartikan sebagai Nama Nabi Muhammad, Namun setidaknya hal ini menjadi bukti akan kebenaran Firman Allah bahwa nama Nabi Muhammad masih tersimpan secara  baik didalam Torah maupun Injil.

Bahasa Ibrani (עִבְרִית ʿIvrit, [ʔivˈʁit] atau [ʕivˈɾit] adalah sebuah bahasa Semitik dari cabang rumpun bahasa Afro-Asia yang merupakan bahasa resmi Israel, dan dituturkan sebagian orang Yahudi di seluruh dunia. Secara kultural, bahasa ini dianggap sebagai bahasa orang Yahudi, meskipun bahasa ini juga dipergunakan oleh kelompok-kelompok non-Yahudi, seperti orang Samaria. Bahasa Ibrani hampir punah sebagai bahasa yang dituturkan pada Abad Kuno, namun terus digunakan sebagai bahasa liturgi Yudaisme dan bahasa sastra serta hanya dipakai untuk mempelajari Alkitab dan Mishnah saja. Tetapi pada akhir abad ke-19 dan permulaan abad ke-20, bahasa ini lahir kembali menjadi sebuah bahasa sejati dengan para penuturnya. Bahasa ini lalu menggantikan bahasa Arab, bahasa Ladino, bahasa Yiddish dan lain sebagainya sebagai bahasa utama kaum Yahudi sedunia dan di negara Israel kemudian hari. Bahasa Ibrani merupakan salah satu dari dua bahasa resmi Israel. Bahasa resmi lainnya adalah bahasa Arab. Dalam bahasa Ibrani sendiri, bahasa ini disebut עברית, atau I'vrit (lafaz: [ivr\it] atau [ibr\it]). Bahasa Ibrani mirip sekali dengan bahasa Aram dan juga masih mirip dengan bahasa Arab. Bahkan kosakata Ibrani modern, banyak pula meminjam dari bahasa Arab. (Wikipedia)

Sekurangnya terdapat 10 kata "Muhammad" (מחמד) di dalam Torah, yang akan kita bahas kali ini adalah Kata "Muhammad"  (מחמד) yang merupakan nama Nabi Muhammad yang paling populer, disamping itu terdapat Nama-nama lain beliau yang masih mempunyai akar yang sama dengan kata "muhammad", akan tetapi hal itu akan kita bahas pada lain kesempatan (InShaAllah).
Kata Muhammad  dalam bahasa Ibrani terdiri dari 4 huruf  seperti halnya Bahasa Arab yang dibaca dari kanan (cara membaca kalimat hebrew/ibrani sama dengan bahasa Arab yaitu dari kanan) mari kita kaji huruf perhuruf dari kata מחמד dan kita cocokkan dengan محمد dalam Bahasa Arab :

pertama : huruf "מ" (mem) dalam bahasa Arab "م"  (Mim)
kedua : huruf  "ח" (Het) dalam bahasa Arab "ح"  (Ha)
ketiga : huruf "מ" (mem) dalam bahasa Arab "م"  (Mim)
keempat : huruf  "ד" (Dalet) dalam bahasa Arab "د" (Dal)

Sekarang Mari kita telusuri kata  מחמד didalam Torah, anda juga dapat mendengarkan suara bacaan Torah oleh Rabbi Yahudi di Link setiap ayat.

1. Ayat (YEHEZKIEL 24 : 16 , 21 ,  dan 25)

טז  בֶּן-אָדָם, הִנְנִי לֹקֵחַ מִמְּךָ אֶת-מַחְמַד עֵינֶיךָ בְּמַגֵּפָה; וְלֹא תִסְפֹּד וְלֹא תִבְכֶּה, וְלוֹא תָבוֹא דִּמְעָתֶךָ. [Bisa dilihat hasil terjemahannya di Google translate]


כא  אֱמֹר לְבֵית יִשְׂרָאֵל, כֹּה-אָמַר אֲדֹנָי יְהוִה, הִנְנִי מְחַלֵּל אֶת-מִקְדָּשִׁי גְּאוֹן עֻזְּכֶם, מַחְמַד עֵינֵיכֶם וּמַחְמַל נַפְשְׁכֶם; וּבְנֵיכֶם וּבְנוֹתֵיכֶם אֲשֶׁר עֲזַבְתֶּם, בַּחֶרֶב יִפֹּלוּ.  [Bisa dilihat hasil terjemahannya di Google translate]
   

כה  וְאַתָּה בֶן-אָדָם--הֲלוֹא בְּיוֹם קַחְתִּי מֵהֶם אֶת-מָעוּזָּם, מְשׂוֹשׂ תִּפְאַרְתָּם:  אֶת-מַחְמַד עֵינֵיהֶם וְאֶת-מַשָּׂא נַפְשָׁם, בְּנֵיהֶם וּבְנוֹתֵיהֶם.     

Sumber : (http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt1224.htm)
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas disini (Menit ke 03:01 , 04:01, dan 04:57)


2. Ayat (RATAPAN 1 : 7 , 10 , dan 11) 

ז  זָכְרָה יְרוּשָׁלִַם, יְמֵי עָנְיָהּ וּמְרוּדֶיהָ--כֹּל מַחֲמֻדֶיהָ, אֲשֶׁר הָיוּ מִימֵי קֶדֶם; בִּנְפֹל עַמָּהּ בְּיַד-צָר, וְאֵין עוֹזֵר לָהּ--רָאוּהָ צָרִים, שָׂחֲקוּ עַל מִשְׁבַּתֶּהָ.  {ס}

י  יָדוֹ פָּרַשׂ צָר, עַל כָּל-מַחֲמַדֶּיהָ:  כִּי-רָאֲתָה גוֹיִם, בָּאוּ מִקְדָּשָׁהּ--אֲשֶׁר צִוִּיתָה, לֹא-יָבֹאוּ בַקָּהָל לָךְ.  {ס}

יא  כָּל-עַמָּהּ נֶאֱנָחִים מְבַקְשִׁים לֶחֶם, נָתְנוּ מחמודיהם (מַחֲמַדֵּיהֶם) בְּאֹכֶל לְהָשִׁיב נָפֶשׁ; רְאֵה יְהוָה וְהַבִּיטָה, כִּי הָיִיתִי זוֹלֵלָה.  {ס}

Sumber : (http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt3201.htm)
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas  disini (Menit ke 02:47, 03:07,dan  01:59)


3. Ayat (RATAPAN 2:4)

ד  דָּרַךְ קַשְׁתּוֹ כְּאוֹיֵב, נִצָּב יְמִינוֹ כְּצָר, וַיַּהֲרֹג, כֹּל מַחֲמַדֵּי-עָיִן; בְּאֹהֶל, בַּת-צִיּוֹן, שָׁפַךְ כָּאֵשׁ, חֲמָתוֹ.  {ס} [Bisa dilihat hasil terjemahannya di Google translate]

Sumber : (http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt3202.htm) 
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas  disini (Menit ke 00:58)


4.  Ayat (ISAIAH 64:10)
י  בֵּית קָדְשֵׁנוּ וְתִפְאַרְתֵּנוּ, אֲשֶׁר הִלְלוּךָ אֲבֹתֵינוּ--הָיָה, לִשְׂרֵפַת אֵשׁ; וְכָל-מַחֲמַדֵּינוּ, הָיָה לְחָרְבָּה.

Sumber : (http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt1064.htm)
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas  disini (menit ke  01:31)



4. Ayat (KIDUNG AGUNG 5:16)
טז  חִכּוֹ, מַמְתַקִּים, וְכֻלּוֹ, מַחֲמַדִּים; זֶה דוֹדִי וְזֶה רֵעִי, בְּנוֹת יְרוּשָׁלִָם.   

Sumber : (http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt3005.htm)
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas  disini (menit ke 02:30)



5. Ayat  (2TAWARIKH 36 : 19 )

יט  וַיִּשְׂרְפוּ, אֶת-בֵּית הָאֱלֹהִים, וַיְנַתְּצוּ, אֵת חוֹמַת יְרוּשָׁלִָם; וְכָל-אַרְמְנוֹתֶיהָ שָׂרְפוּ בָאֵשׁ, וְכָל-כְּלֵי מַחֲמַדֶּיהָ לְהַשְׁחִית.

(http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt25b36.htm) 
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas  disini (menit ke 04:21)



6. Ayat (HOSEA 9 : 6, dan 16)
ו  כִּי-הִנֵּה הָלְכוּ מִשֹּׁד, מִצְרַיִם תְּקַבְּצֵם מֹף תְּקַבְּרֵם; מַחְמַד לְכַסְפָּם, קִמּוֹשׂ יִירָשֵׁם, חוֹחַ, בְּאָהֳלֵיהֶם.

טז  הֻכָּה אֶפְרַיִם--שָׁרְשָׁם יָבֵשׁ, פְּרִי בלי- (בַל-) יַעֲשׂוּן; גַּם כִּי יֵלֵדוּן, וְהֵמַתִּי מַחֲמַדֵּי בִטְנָם.

Sumber : (http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt1309.htm)
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas  disini (menit ke 01:02, 03:05)



7.  Ayat (1Raja-raja 20:6)

ו  כִּי אִם-כָּעֵת מָחָר, אֶשְׁלַח אֶת-עֲבָדַי אֵלֶיךָ, וְחִפְּשׂוּ אֶת-בֵּיתְךָ, וְאֵת בָּתֵּי עֲבָדֶיךָ; וְהָיָה כָּל-מַחְמַד עֵינֶיךָ, יָשִׂימוּ בְיָדָם וְלָקָחוּ. 

Sumber : (http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt09a20.htm)
Silahkan Dengarkan atau Download suara bacaan ayat diatas  disini (menit ke 01:09)


Catatan :
* Cara mendownload suara silahkan klik kanan pada link download, kemudian pilih save link as, tentukan folder penyimpanan kemudian klik Ok.

Related Posts:

0 Response to "Penemuan Baru : Nama Muhammad Dalam Torah (Perjanjian Lama) Bahasa Ibrani "

Posting Komentar